Penyebab Keringat Bau dan Berlebihan
May 24, 2019 Comments..0 Tags: ,
penyebab keringat bau

Keringat adalah cairan alami yang diproduksi oleh tubuh. Keringat sendiri memiliki fungsi yang cukup penting, yakni mendinginkan suhu tubuh ketika suhu terasa terlalu panas. Itulah mengapa tubuh cenderung memproduksi keringat lebih banyak ketika cuaca sedang panas.

Karena tubuh setiap manusia pasti memproduksi keringat maka seharusnya keringat bukanlah sesuatu yang perlu dipermasalhkan. Sayangnya pada beberapa orang keringat diproduksi dalam jumlah berlebihan. Keringat juga bisa menjadi masalah ketika mengeluarkan bau yang kurang sedap. Kedua hal tersebut tentunya dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Apalagi jumlah keringat yang diproduksi oleh tubuh bukanlah sesuatu yang bisa sepenuhnya dikontrol.

Penyebab Keringat Berbau Tak Sedap

Bau keringat tak sedap sebetulnya tidak datang begitu saja. Ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicunya. Penyebab keringat bau perlu dipahami dengan baik agar solusinya juga bisa ditemukan dengan mudah. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  • Berat Badan Berlebih

Berat badan berlebih atau kegemukan dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan keringat menjadi bau. Orang gemuk memiliki kelenjar keringat yang lebih aktif, terutama pada lipatan-lipatan tubuh yang terbentuk oleh lemak. Keringat pada orang gemuk juga cenderung lebih bau karena tingginya kadar lemak.

  • Infeksi

Penyebab keringat bau berikutnya adalah bakteri dan infeksi jamur. Jika kulit atau bagian tubuh Anda yang lain sedang mengalami infeksi maka keringat yang dihasilkan tubuh akan cenderung lebih bau. Cara menghilangkan bau tak sedap pada keringat dalam kondisi ini tentunya dengan sesegera mungkin menyembuhkan infeksi yang ada. Anda juga bisa mencoba mengkonsumsi antibiotik untuk melawannya. Namun pastikan konsumsi anti biotik hanya dilakukan dengan resep dokter agar terhindar dari hal hal yang diinginkan.

  • Kelainan Kelenjar Keringat
Baca Juga :  Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Hampir Botak

Beberapa orang terlahir dengan kelenjar keringat yang memang lebih aktif memproduksi keringat. Kelenjar keringat yang lebih aktif biasanya ditemukan pada bagian lipatan ketiak atau paha. Karena lipatan tersebut cenderung lembab maka bakteri juga rawan bersarang di sana dan menyebabkan keringat yang dihasilkan tubuh menjadi bau.

 

  • Penyakit

Kondisi medis tertentu juga bisa membuat keringat seseorang menjadi lebih banyak dan berbau kurang sedap. Tak hanya penyakit fisik, kondisi emosional yang tidak stabil bisa pula menjadi pemicu keringat banyak dan berbau tak sedap. Beberapa penyakit yang meneybabkan gangguna pada keringat antara lain adalah liver, diabetes, darah tinggi, gula darah rendah, dan gangguan sistem imun. Bagi para wanita kondisi menjelang manopouse juga bisa sangat berpengaruh terhadap produksi keringat.

Bau keringat menjadi biang masalah baru ketika produksinya berlebih pada bagian kaki. Hal tersebut dapat menyebabkan bau pada sepatu meskipun tak terlalu sering dipakai. Kondisi ini sangat tidak sehat karena bisa memicu pertumbuhan bakteri dan jamur baik pada kaki maupun pada sepatu.

Sialnya pada bahan bahan tertentu cara menghilangkan bau pada sepatu tak semudah yang dibayangkan. Baunya masih akan tetap tersisa meskipun sudah dicuci berulang kali menggunakan deterjen yang berpengharum. Anda yang pernah mengalami masalah ini tentu mengerti betapa menyebalkannya ketika sepatu yang masih layak pakai harus dipensiunkan dini karena aromanya menggangu. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita menjaga kebersihan sepatu kita agar tetap awet.

Sebetulnya ada beberapa cara menghilangkan bau pada sepatu yang dapat Anda coba dan terkenal ampuh. Cara ini dijamin bisa mengembalikan aroma sepatu Anda seperti sediakala.

 

Proudly powered by WordPress

.